Keberadaan J&T Express sebagai jasa ekspedisi terbilang baru jika dibandingkan dengan TIKI dan JNE. Salah satu keuntungan yang ditawarkan ekspedisi ini adalah menawarkan sistem cek paket J&T secara real time. Dengan fitur ini, pelanggan bisa mengetahui keberadaan paket dari setiap drop point lengkap dengan informasi waktunya.

Selain itu, bila dalam perjalanan paketmu hilang atau salah tujuan, ekspedisi satu ini siap memberikan ganti rugi. Proses klaimnya sendiri dapat dilakukan secara cepat, yakni 1-3 hari apabila kamu memenuhi syarat dan ketentuan klaim yang berlaku. Untuk mempermudah pelanggan melakukan J&T Tracking, sudah tersedia layanan website dan aplikasi yang bisa kamu gunakan. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Panduan J&T Tracking

a. Cek Resi J&T Via Situs Resmi

Cara pertama untuk melakukan J&T cek resi adalah melalui situs resminya.

· Akses laman jet.co.id.

· Masukkan nomor resi ke kolom TRACE & TRACK di bawah slide show, dengan minimal satu nomor resi dan maksimal sepuluh nomor resi.

· Tekan tombol Track.

· Website akan menampilkan status paket beserta riwayat pengirimannya.

b. Cek Resi J&T Via Aplikasi

· Buka akses aplikasi J&T Express. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan App Store.

· Untuk melacak kiriman, isi kolom Track Waybill dengan nomor resi atau gunakan fitur scan. Kamu bisa memasukkan nomor resi hingga sepuluh buah dan pisahkan masing-masing nomor resi dengan koma, spasi, atau enter.

· Klik Check.

· Informasi barang akan tampil di layar aplikasi.

c. Via Pihak Ketiga

Cara terakhir untuk cek paket J&T adalah mengakses layanan cek resi J&T yang disediakan pihak ketiga. Salah satunya adalah website resi.id.

· Buka resi.id

· Isi kolom Masukkan Nomor Resi, lalu pilih ekspedisi J&T

· Begitu berhasil, status pengiriman akan ditampilkan.

Demikian panduan melakukan J&T Tracking. Mudah bukan? Pertanyaan yang sering diajukan saat menunggu paket datang adalah kapan barang tersebut akan tiba. Saat ini, J&T Express hanya melayani pengiriman jenis Reguler/EZ dengan estimasi kedatangan 2-3 hari kerja. Namun, durasi tersebut juga bisa lebih lama tergantung tujuan pengiriman.

Apa yang harus dilakukan jika paket tak kunjung datang, padahal sudah melebihi estimasi kedatangan? Keluhan dapat dilaporkan melalui nomor 021-8066-1888 atau dengan datang ke gerai J&T terdekat di kotamu.

Biasanya ada beberapa hal yang menjadi penyebab kiriman datang terlambat. Yang paling sering terjadi adalah salah alamat atau penulisan alamat tidak lengkap sehingga kurir kesulitan menemukan lokasi yang tepat.

Kondisi terburuk adalah paket hilang. Itu sebabnya barangmu tak kunjung datang. Dalam kondisi ini, pihak J&T Express bersedia mengganti kerugian maksimal Rp20 juta—dengan catatan kamu telah melakukan pembayaran asuransi.