Shopee menjadi salah satu marketplace terpopuler di Tanah Air dengan jumlah penjual aktif melebihi angka 2,5 juta orang. Jumlah transaksi yang diterima oleh para Shopee seller setiap harinya pun sangat tinggi. Menurut data iPrice tahun 2019, rata-rata angka transaksi harian di marketplace tersebut mencapai lebih dari 2 juta kali. Dengan potensi sebesar itu, bisa dibayangkan seberapa banyak profit yang bisa didapatkan penjual dari Shopee, kan?

Dengan potensi pendapatan yang sangat melimpah, para Shopee seller perlu memiliki strategi manajemen yang bagus. Kemampuan manajemen tersebut mencakup banyak hal, termasuk di antaranya adalah memonitor proses pengiriman barang kepada konsumen. Dalam sehari, tak menutup kemungkinan seorang penjual di Shopee bakal melakukan pengiriman ratusan paket sekaligus. Tanpa disertai manajemen yang bagus, Anda bakal kebingungan menanganinya.

Cara Cek Ongkir di Marketplace

Shopee memberi kemudahan bagi para penjual di marketplace ketika ingin mengecek ongkos pengiriman produk kepada konsumen. Hal yang perlu diketahui, cek ongkir di Shopee sangat mudah, karena sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem. Proses perhitungan ongkos kirim oleh sistem Shopee dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya:

Jarak pengiriman. Pihak ekspedisi bakal membebankan biaya pengiriman yang lebih banyak kalau jarak antara pengirim dengan penerima cukup jauh. Proses perhitungannya pun bisa berbeda-beda untuk masing-masing ekspedisi.

Berat dan volume produk. Saat berjualan di Shopee, setiap penjual akan diminta memasukkan informasi produk secara detail, termasuk perhitungan bobot menggunakan satuan gram. Hal yang perlu diperhatikan, sistem Shopee menggunakan satuan berat volume sebagai landasan menghitung berat produk.

Perhitungan berat volume dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut = (panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm)/6.000) x 1.000 gram

Cara Melacak Resi Praktis untuk Shopee Seller

Setelah mengetahui cara cek ongkir produk, penjual perlu juga melacak proses pengiriman dari setiap produk yang telah terjual. Sayangnya, Shopee tak menyediakan fitur tracking paket untuk para Shopee seller. Jadi, pihak penjual pun harus mengecek satu per satu paket menggunakan fitur pelacakan dari pihak ekspedisi.

Dengan jumlah transaksi yang cukup banyak, penjual bakal mengalami kesulitan kalau harus mengecek setiap pengiriman. Namun, ada solusi praktis yang dapat dimanfaatkan dari Resi.id. Layanan tracking paket yang disediakan Resi.id, mampu melacak 20 paket pengiriman dalam satu halaman.

Tak cukup sampai di situ saja. Resi.id juga memiliki beberapa fitur menarik seperti keberadaan tracking page, webhook, notifikasi SMS, serta pelacakan otomatis. Dengan fasilitas seperti itu, Anda pun bisa berjualan secara nyaman di marketplace.

*catatan. Judul ada sedikit perubahan dibanding pengajuan, dengan penambahan & tracking paket.