PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi satu yang paling populer. Guna memenuhi ekspektasi pelanggan, JNE menghadirkan sejumlah platform seperti website dan aplikasi MyJNE yang bisa kamu gunakan untuk cek tarif kiriman, titik layanan, hingga lacak kiriman. Bicara mengenai proses tracking barang, cara cek no resi JNE sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa melakukannya lewat situs resmi JNE, aplikasi MY JNE, atau menggunakan layanan resi.id. Supaya lebih jelas, ikuti panduannya berikut ini.

Cara Cek Pengiriman JNE

Sebelum mengulas cara cek no resi JNE coba siapkan dulu kode tracking paket milikmu. Setelah siap, praktikkan langkah-langkah di bawah ini.

a. Jne.co.id

· Buka laman jne.co.id

· Masukkan nomor resi ke kolom Lacak Kiriman, kemudian klik Tracking. Tekan Enter jika memasukkan resi lebih dari satu.

· Informasi posisi barang saat ini akan ditampilkan, ketika nomor resi ditemukan.

b. MyJNE

· Buka aplikasi MyJNE, kalau belum punya silakan download aplikasinya melalui Google Play atau App Store.

· Isi data diri sebagai persyaratan untuk login. Jika mau cara lebih praktis, kamu bisa menekan Login as Guest.

· Isikan nomor resi ke bagian Cek Kirimanmu di sini, lalu tekan Cek Resi

c. Resi.id

· Arahkan pencarian ke laman resi.id

· Masukkan nomor resi ke tempat yang telah disediakan, lalu Enter

· Untuk melacak banyak nomor resi, silakan login dan gunakan fitur Multitracking.

Bisakah Melacak Kiriman JNE Tanpa Resi?

Nomor resi punya peran penting dalam melakukan tracking kiriman. Itu sebabnya jangan sampai kamu lupa atau menghilangkan kode tersebut. Kalau bisa letakkan di tempat yang mudah kamu ingat atau jangkau.

Lalu, bagaimana jika pelanggan benar-benar lupa atau menghilangkan nomor resi miliknya? Cara cek paket JNE tanpa no resi dapat dilakukan dengan mendatangi gerai JNE terdekat. Namun, proses yang dibutuhkan lebih lama, sebab petugas harus melacak menggunakan nama di antara deretan nama yang sama.

Itulah cara cek no resi JNE yang bisa kamu praktikkan. Selain resi hilang, masalah lain yang kerap dikeluhkan oleh pelanggan adalah kode tracking tidak valid. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan karena salah input kode tracking atau yang paling bahaya adalah nomor resi palsu.

Bila mengalami kasus serupa, silakan hubungi layanan pengaduan JNE di (021) 29278888 atau datang langsung ke gerai JNE yang ada di kotamu. Nomor tersebut juga bisa digunakan untuk menyampaikan keluhan seperti paket tertukar atau barang kiriman rusak. Semoga bermanfaat!