Saat melakukan belanja online pasti tak lepas dari aktivitas pengiriman barang oleh kurir. Salah satu jasa pengiriman barang paling terkenal adalah TIKI. Begitu penjual selesai mengantarkan barang ke agen TIKI terdekat, nantinya kamu akan diberikan kombinasi nomor unik atau biasa dikenal sebagai resi TIKI.

Melalui no resi tersebut, kamu dapat melakukan pelacakan untuk mencari tahu di mana lokasi barang saat ini. Bagusnya lagi, keberadaan resi diharapkan mampu meminimalisasi kerugian penerima paket akibat pencurian oleh oknum kurir.

Pertanyaan, bagaimana sih cara melakukan pengecekan nomor resi untuk melihat posisi paket? Ikuti panduannya berikut, yuk!

Panduan Cek Resi TIKI

Tersedia tiga opsi untuk melakukan pelacakan no resi, pertama melalui situs TIKI, menggunakan website resi.id sebagai alternatif, dan menghubungi hotline TIKI. Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengetahui posisi barang saat ini.

a. Cek Melalui Website Resmi TIKI

· Buka laman Tiki.id

· Di bagian bawah slide kamu akan menemukan kolom CEK RESI. Masukkan nomor resi, kemudian klik Lacak. Jika ingin melacak lebih dari satu nomor resi, silakan pisahkan dengan koma.

· Kalau mau lebih praktis bisa langsung buka laman tiki.id/id/tracking.

· Akan muncul informasi lokasi barang saat ini. Bila muncul informasi “Data tidak ditemukan” itu berarti kombinasi angka yang dimasukkan salah atau nomor resinya palsu.

b. Cek di Website resi.id

· Buka laman resi.id

· Masukkan nomor resi milikmu di kolom yang telah disediakan

· Pilih TIKI sebagai operator pengiriman barang

· Resi.id akan memberikan informasi keberadaan barang. Jika nomor resi tidak ditemukan, tekan tombol Cari Ulang untuk mengisi nomor resi yang baru.

c. Hubungi Hotline TIKI

Jika terjadi masalah dari dua cara tadi, misalnya status barang sudah sampai, tetapi barang belum di tangan, silakan hubungi hotline TIKI di 1500125. Layanan ini tersedia selama 24 jam. Kamu juga bisa menggunakan nomor telepon di atas untuk melakukan komplain apabila barang rusak atau paket belum sampai hingga melebihi batas waktu pengiriman.

Itulah panduan untuk TIKI cek resi yang bisa dipraktikkan. Mudah bukan? Dengan cara di atas, kini kamu tak perlu bertanya-tanya lagi kapan barang akan sampai.

Satu lagi yang perlu diingat, kalau ketiga cara di atas tidak membuahkan hasil, coba gunakan layanan CS dengan mengirim e-mail ke tiki@tiki.id atau langsung datang ke gerai TIKI terdekat supaya bisa dibantu melacak no resi secara langsung oleh staf TIKI.