Sebelum teknologi internet masuk, cek resi JNE hanya dapat dilakukan melalui SMS. Namun, bagi yang tidak memiliki ponsel, tentu harus mendatangi kantor JNE untuk mengetahui keberadaan paketnya.

Kini, dengan adanya internet, kamu bisa mengecek lokasi real time paket secara online melalui website. Salah satu website terbaik untuk melacak resi JNE adalah Resi.id. Untuk mengetahui lebih jelas tentang situs tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

Tentang Resi.id

Resi.id merupakan platform yang didukung sistem application programming interface (API) untuk check resi dari berbagai perusahaan ekspedisi. Kamu bisa membagikan hasil pelacakan tersebut kepada penerima paket dengan mengirim URL dari Resi.id. Biasanya, URL dikirimkan via Email, media sosial, maupun website pelacak.

Selain menyediakan fitur berbagi URL, Resi.id juga mendukung pengecekan 20 ekspedisi sekaligus. Tentu saja, fitur ini memudahkan pelaku e-commerce maupun UMKM yang memiliki banyak kiriman paket.

Jika terdapat perubahan status kiriman paket, Resi.id akan melakukan update. Di samping itu, kamu bisa mengirim SMS update pengiriman paket kepada pelanggan maupun penerimanya.

Cara Melacak Resi JNE

Nomor resi digunakan sebagai bukti cetak pengiriman paket. Khusus nomor resi JNE, biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Kamu bisa menemukan deretan nomor tersebut di bawah barcode pada lembar untuk pengirim.

Cara mengecek no resi TIKI, JNE, dan beberapa ekspedisi lainnya, yakni dengan melakukan login ke situs Resi.id. Jika belum memiliki akun, silakan mendaftar dengan mengeklik tombol “Daftar” di pojok kanan atas.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin melacak satu nomor resi saja, gunakan fitur “Lacak Resi JNE”. Dengan begitu, pengguna hanya perlu mengikuti tahapan berikut ini tanpa harus login ke situs Resi.id.

  1. Langkah pertama, kamu harus memastikan smartphone atau laptop terhubung internet. Kemudian, ketik alamat URL Resi.id di taskbar pencarian pada peramban website.
  2. Setelah masuk ke situs Resi.id, klik fitur “Lacak Resi JNE” di bagian paling bawah jendela website. Secara otomatis, sistem membuka halaman pencarian khusus ekspedisi JNE.
  3. Langkah ketiga, masukkan nomor resi yang tertera pada lembar pengirim dengan benar. Lalu, klik “Track” untuk melacak data status pengiriman paket.
  4. Selanjutnya, kamu bisa melakukan screenshoot hasil pelacakan yang ditampilkan usai mengeklik “Track”. Jika ingin lebih praktis, kirimkan URL dari Email kamu ke penerima paket.

Demikian ulasan singkat mengenai cek resi JNE secara online melalui situs Resi.id. Website ini menyediakan satu dasbor yang didukung enam fitur powerfull untuk memudahkan developer maupun business owner.