Aplikasi inventory merupakan salah satu aplikasi online yang direkomendasikan oleh para pebisnis. Utamanya, bagi kamu yang tengah merintis bisnis online menggunakan platform e-commerce.

Aplikasi inventori didesain khusus untuk memudahkan pelaku bisnis mengontrol stok barang, pembelian, penjualan, pengiriman, dan pemindahan barang. Meskipun masih skala kecil, aplikasi inventori akan memudahkan pengelolaan dan melancarkan bisnis yang kamu jalankan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Inventory

Dibandingkan mencatat secara manual, aplikasi inventori lebih akurat karena sistemnya terintegrasi dengan catatan laporan keuangan dan aplikasi akuntansi. Ketika terjadi pembaruan stok, aplikasi ini akan mencatat dan menghitung produk tersebut secara otomatis.

Agar lebih jelas, simak sederet manfaat berikut ini.

· Hemat Waktu

Hemat Waktu

Jika biasanya melakukan pencatatan menghabiskan banyak waktu, maka dengan aplikasi inventori, pencatatan stok produk yang tersedia, kosong, atau perlu stok ulang menjadi lebih praktis dan efisien. Alhasil, kamu bisa lebih produktif dalam mengelola bisnis.

· Meminimalisasi Kesalahan Catat Stok Barang

Kesalahan Catat Stok Barang

Pencatatan barang secara manual lebih rentan mengalami kesalahan yang dampaknya cukup fatal untuk kelangsungan bisnis e-commerce. Sebagai contoh, jumlah barang yang tersedia 15, sedangkan yang tercantum 30. Ketika konsumen hendak membeli dalam jumlah besar dan stok barang tidak memadai, tentu konsumen akan merasa kecewa.

Jika hal tersebut terjadi berulang kali, maka bukan mustahil pelanggan berpaling dan memilih toko lain. Oleh karena itu, aplikasi inventori sangat dibutuhkan untuk menghindari risiko kesalahan selama proses pencatatan berlangsung.

· Memaksimalkan Penjualan

Memaksimalkan Penjualan

Alih-alih pre-order, sebagian besar konsumen lebih memilih pembelian ready stock yang siap kirim. Dengan menjaga stok barang tetap tersedia, kamu tidak hanya bisa memaksimalkan penjualan, tetapi juga selangkah lebih maju dari para pesaing.

· Bisnis Lebih Terarah

Bisnis Lebih Terarah

Aplikasi ini memungkinkan kamu merekam data penjualan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Kamu juga bisa mengetahui produk apa saja yang paling diminati dan kurang diminati konsumen, waktu penjualan tertinggi dan terendah, serta keuntungan dan kerugian.

Berbekal laporan tersebut, kamu akan lebih mudah menentukan keputusan untuk memaksimalkan penjualan, menentukan target market, dan strategi pemasaran pengembangan bisnis.

· Meningkatkan Pelayanan

Meningkatkan Pelayanan

Secara tidak langsung, aplikasi inventori dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Pasalnya, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengecek ketersediaan barang. Pelayanan yang cepat akan membuat konsumen puas dan peluang untuk melakukan pembelian ulang semakin besar.

Itulah sejumlah manfaat aplikasi inventory yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis. Kalau kamu ingin meningkatkan layanan dan kepercayaan konsumen, pastikan untuk menggunakan Resi.id. Berkat Resi.id, pengecekan lokasi paket kiriman menjadi semakin mudah! Kamu pun akan menjadi best seller!