Beroperasi pertama kali pada tahun 1995, PT Pos Indonesia telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai penyedia jasa pengiriman dan logistik. Tidak hanya untuk mengirim antarkota di dalam negeri, proses pengiriman barang dari dalam dan ke luar negeri juga bisa dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa cara mengecek kiriman Pos internasional sedikit berbeda dengan paket biasa.

Bagi kamu yang memiliki bisnis online dan kerap melakukan pengiriman barang dari luar negeri, PT Pos melalui EMS (Express Mail Service) menyediakan layanan pengiriman internasional. Layanan ini mencakup 235 negara di berbagai belahan dunia termasuk Asia, Amerika, bahkan Afrika.

Berhubung pengiriman barang dari luar negeri termasuk ke dalam kategori impor, kamu harus ekstra hati-hati, terutama dengan pajak cukai yang dikenakan. Banyak barang kiriman yang tertahan di Bea dan Cukai karena tidak memenuhi aturan yang berlaku. Karena itu, penting untuk melakukan cek resi pos agar kamu tahu status barang yang dikirimkan padamu.

Cek barang Pos dengan menggunakan nomor resi dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah, yakni:

1. Cek Melalui Situs Resmi PT Pos Indonesia

Untuk check nomor resi Pos dan mengetahui posisi terkini barang pesanan, kamu bisa langsung membuka situs resmi PT Pos Indonesia melalui alamat ems.posindonesia.co.id. Pada halaman paling depan, kamu bisa memasukkan nomor resi (number of shipment) kemudian masukkan kode keamanan (security code) yang tertera, lalu tekan ‘Search’. Posisi paket kamu akan muncul pada halaman pencarian.

2. Cek Melalui Situs Bea Cukai

Selain lewat situs resminya, cek barang Pos juga bisa dilakukan melalui situs resmi Bea Cukai. Caranya buka situs beacukai.go.id lalu masukkan nomor tracking atau resi. Ketikkan keycode yang tertera pada layar kemudian klik ‘Submit’. Pilih ‘See details’ untuk memastikan posisi barang kiriman kamu.

3. Cek Melalui ResiID

Bagi seorang online shop owner yang kerap melakukan pemesanan barang dari luar negeri, resi yang harus kamu urus tentu jumlahnya tidak sedikit. Melakukan tracking satu per satu dengan dua langkah sebelumnya tentu akan merepotkan. Untuk kemudahanmu, ResiID hadir dengan enam fitur khusus untuk para pebisnis e-commerce.

Fitur multi tracking memungkinkan para pebisnis untuk melakukan pelacakan 20 resi sekaligus. Update dan pengelolaan resi juga bisa dilakukan lebih mudah lewat satu dashboard saja. Daftarkan diri kamu sekarang dan rasakan kemudahan cara mengecek kiriman Pos bersama ResiID.