Sebagai jasa ekspedisi tertua, PT Pos Indonesia pernah menggunakan berbagai metode pelacakan paket. Mulai dari melacak langsung ke Kantor Pos, via telepon, hingga cara mengecek no resi Pos secara online.

Layanan pelacakan secara online dihadirkan untuk menciptakan sistem ekspedisi yang transparan, akurat, dan cepat. Selain itu, fitur pengecekan via platform memastikan jumlah kiriman paket kamu selalu tepat.

Kamu ingin tahu cara mengecek resi Pos Indonesia secara online? Yuk, baca terus ulasan berikut ini.

Tentang POS Indonesia

Kantor Pos Indonesia pertama didirikan di Jakarta (dulu Batavia) pada tahun 1746. Pendirinya adalah Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff. Tujuan tokoh ini mendirikan Pos Indonesia, yakni menjamin keamanan kiriman surat dari penduduk.

Seiring perkembangan zaman, Pos Indonesia meningkatkan kualitas layanan dengan dukungan teknologi. Karena itulah, PT Pos Indonesia berhasil memperluas point of sales hingga 58.700 titik.

Selain point of sales, Pos Indonesia juga memiliki 4.800 kantor online yang tersebar di seluruh daerah. Berkat komitmen jaringan online tersebut, Pos Indonesia pun sukses membangun sistem distribusi andal didukung layanan prima.

Tidak hanya itu, Pos Indonesia pun menciptakan berbagai inovasi produk. Salah satu inovasinya adalah layanan Kantor Pos modern dengan pola one stop shopping. Layanan tersebut mencakup jasa ritel, antara lain pengiriman surat, jasa keuangan, penjualan post item, hingga online shopping.

Cara Mengecek No Resi Pos

Untuk memastikan keberadaan paket yang dikirim via Kantor Pos, kamu bisa menggunakan dua cara berikut ini.

1.  Cara Mengecek No Resi Pos Melalui Situs Resminya

Kamu bisa melacak nomor resi melalui fitur Tracking yang terletak di bagian paling bawah beranda web posindonesia.co.id. Setelah mengeklik “Tracking”, masukkan nomor resi di kolom pencarian. Kemudian, pilih tombol “Cari” agar sistem menampilkan hasil pelacakan.

2.  Lacak Kiriman Lewat Platform Resi.id

Resi.id merupakan platform yang menyediakan fitur pelacakan paket secara lengkap dan cepat. Berikut ini langkah-langkah melacak nomor resi tanpa harus login ke Resi.id.

● Pertama, hubungkan ponsel pintar atau komputer kamu dengan jaringan internet. Setelah terhubung, ketik URL Resi.id di taskbar pencarian peramban web.

● Tahap kedua; pilihlah fitur “Lacak Resi Pos” yang terletak di bagian paling bawah beranda situs Resi.id.

● Selanjutnya, masukkan nomor resi Pos yang terdiri dari beberapa angka. Kemudian, klik tombol “Track” untuk mendapatkan informasi status pengiriman.

● Langkah terakhir, kamu bisa membagikan hasil pelacakan—yang dikirim via Email maupun media sosial—ke pelanggan atau penerima paket.

Demikian cara mengecek no resi Pos sebagai referensi untuk kamu yang ingin mengirim paket melalui PT Pos Indonesia. Jika memilih metode pencarian via Resi.id, pengguna bisa menikmati banyak fitur. Mulai dari fitur Multi Tracking, Tracking Otomatis, Tracking Page, Restfull API, hingga Webhook.