Berjualan di aplikasi OLshop seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya, kini menjadi pilihan menarik para pebisnis online. Cara untuk berjualan di marketplace terkemuka juga sangat mudah. Anda tidak diharuskan untuk memiliki produk sendiri. Kalau mau, tersedia pilihan menjadi reseller atau dropshipper.

Hal yang menarik, seorang penjual juga tidak memiliki batasan hanya menerima order online di satu platform. Anda dapat menawarkan barang secara langsung ke beberapa marketplace sekaligus. Dengan pola pemasaran seperti itu, penjual pun bisa memperoleh potensi pemasukan yang lebih besar.

Saat memilih berjualan di beberapa aplikasi OLshop sekaligus, Anda perlu memiliki pola manajemen yang bagus. Salah satunya adalah terkait proses pengecekan pengiriman barang. Pengecekan status pengiriman barang di masing-masing marketplace bakal cukup membuang-buang waktu dan tidak efektif. Lalu, bagaimana solusinya?

Cek Order Online dari Beberapa Marketplace Secara Praktis

Alih-alih mengecek status pengiriman barang ke konsumen di masing-masing aplikasi OLshop, Anda dapat memperoleh solusi lebih praktis menggunakan layanan Resi.id. Fitur Resi.id yang mampu menampilkan pelacakan 20 proses pengiriman sekaligus bakal sangat membantu. Fasilitas ini dapat Anda pakai untuk melacak pengiriman barang dari berbagai OLshop.

Cara menggunakan layanan Resi.id juga sangat mudah. Anda cuma perlu 3 langkah sederhana untuk melakukannya, yakni:

Registrasi akun. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas pelacakan 20 paket pengiriman sekaligus, Anda perlu mendaftar akun di Resi.id terlebih dahulu. Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan alamat email aktif.

Masukkan nomor resi. Setelah proses pendaftaran berhasil dan akun Resi.id aktif, Anda sudah bisa mulai menggunakan fasilitas pelacakan paket. Cara pelacakannya sangat mudah, cukup dengan memasukkan nomor resi.

Menampilkan hasil pelacakan. Setelah memasukkan nomor resi dengan benar, Anda tinggal memilih perusahaan ekspedisi yang digunakan, dan layar pun akan menampilkan status pengiriman produk.

Selain memberi keuntungan dapat melacak beberapa paket pengiriman sekaligus, Resi.id juga memiliki 5 manfaat lain, yaitu:

  1. Pelacakan otomatis. Sistem Resi.id akan melakukan pembaruan secara otomatis setiap terjadi perubahan pada status pengiriman barang.
  2. Tracking page. Penjual dapat menyediakan halaman pelacakan secara khusus kepada pembeli.
  3. Restful API. Fitur ini sangat berguna ketika penjual ingin membangun aplikasi pelacakan paket order online dari marketplace sendiri.
  4. Webhook. Penggunaan webhook memastikan bahwa proses pembaruan status pengiriman berlangsung secara real time.
  5. Notifikasi SMS. Terdapat fitur yang memungkinkan penjual mengirimkan resi melalui SMS kepada konsumen.

Dengan berbagai kemudahan seperti itu, berjualan di aplikasi OLshop jadi terasa lebih mudah. Siapa pun bisa meraih sukses berjualan online di marketplace, termasuk Anda!