Ketersediaan beragam jasa pengiriman paket membuat pelanggan bisa memilih layanan secara bebas. Dari berbagai opsi tersebut, Wahana Express merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman barang dengan harga murah. Kamu pun bisa menggunakan layanan Wahana untuk mengirim paket ke berbagai kota di Indonesia dan bahkan ke luar negeri, khususnya Singapura. Selain itu, kamu bisa cek resi wahana dengan mudah.
Fitur cek resi tersebut bisa kamu gunakan tidak terbatas pada perangkat komputer. Kamu bisa pula menggunakan fasilitas tracking paket itu menggunakan smartphone. Dengan fitur barunya ini, para pelanggan Wahana dapat memperoleh kenyamanan lebih baik saat melakukan pelacakan paket. Cara cek resi Wahana menggunakan handphone dapat kamu lakukan dengan dua cara, yakni:
#1. Melalui Browser

Metode Wahana tracking pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan aplikasi browser. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk melacak paket melalui browser adalah sebagai berikut:
· Jalankan aplikasi browser. Kamu dapat memanfaatkan berbagai aplikasi peramban yang tersedia, mulai dari Opera, Google Chrome, Firefox, ataupun aplikasi browser bawaan smartphone Android.
· Kunjungi website resmi Wahana di Wahana.com.
· Di website Wahana, kamu akan menemukan kolom Lacak Kiriman yang berfungsi untuk tracking paket.
· Masukkan nomor resi dengan benar dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan.
· Tekan tombol Lacak, dan layar smartphone akan menampilkan hasil pelacakan paket.
#2. Menggunakan Sahabat Wahana

Cara kedua, kamu dapat memanfaatkan aplikasi resmi milik Wahana, yakni Sahabat Wahana. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:
· Unduh aplikasi Sahabat Wahana secara gratis di Google Play Store. Untuk saat ini, Sahabat Wahana cuma tersedia di platform Android. Pihak Wahana masih belum menyediakan fasilitas serupa bagi para pengguna iPhone.
· Pilih opsi Lacak di Sahabat Wahana, dan masukkan nomor resmi paket.
· Kalau nomor resmi yang kamu masukkan sudah benar, layar smartphone akan menampilkan hasil pelacakan barang kiriman.
Arti Status Lacak Resi Wahana

Saat melihat hasil pelacakan, kamu akan menemukan beberapa status yang perlu dipahami, antara lain adalah:
· Diterima di Sales Counter (nama agen) : Pengirim sudah menyerahkan paket ke agen di kota asal.
· Di Pickup oleh Petugas (lokasi) : Petugas sudah mengambil paket di agen dan akan dikirimkan ke gudang Wahana yang ada di kota asal.
· Diterima di Fasilitas HUB : Paket sudah sampai dan disimpan di gudang Wahana kota pengirim.
· Pengiriman dari HUB (lokasi) ke (lokasi): Petugas tengah mengirimkan paket ke gudang di kota tujuan atau sedang berada di gudang transit.
· Diterima di Fasilitas (lokasi): Paket sudah sampai di gudang utama milik Wahana di kota penerima.
· Pengiriman dari (lokasi) ke (lokasi) : Pengiriman paket dilakukan dari gudang utama menuju gudang terdekat dari lokasi penerima.
· Diterima di Fasilitas (lokasi) : Paket sudah diterima petugas di gudang terdekat alamat tujuan dan akan dimasukkan dalam daftar antrean pengiriman.
· Proses Pengantaran oleh Kurir (lokasi), (nama kurir) : Kurir dalam perjalanan mengirimkan paket.
· Diterima oleh (nama penerima) : Paket berhasil dikirim dan diterima.
Nah, itulah cara cek resi Wahana yang bisa kamu lakukan. Selain memakai fasilitas resmi milik Wahana, kamu dapat pula memanfaatkan layanan pihak ketiga. Ditambah lagi, saat ini penjual juga dapat menyediakan fasilitas pelacakan paket dengan praktis dan mudah menggunakan Resi.id.
Penambahan fasilitas tersebut, pembeli bisa merasakan kenyamanan berbelanja online yang lebih baik. Di waktu bersamaan, penjual juga bakal memperoleh banyak manfaat lain dari penggunaan layanan Resi.id. Mau tahu?