Belakangan ini, teknologi internet memberikan banyak perubahan di bidang jasa ekspedisi, khususnya JNE. Dulu, pengirim atau penerima harus datang ke kantor JNE untuk mengetahui keberadaan paket. Namun sekarang, cara mengecek no resi JNE dapat dilakukan secara online.

JNE awalnya hanya menyediakan layanan kepabeanan. Seiring waktu, perusahaan yang berdiri pada tahun 1990 tersebut memperluas layanannya dengan membuka lebih dari 60.000 lokasi.

Ingin tahu cara mengecek no resi JNE dan tentang ekspedisi terkemuka di Indonesia ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Tentang JNE

Demi memudahkan operasional pada 60.000 lokasi, JNE mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan. Kemudian, sebagai bentuk peningkatan kualitas, JNE menerapkan sistem komunikasi online pada 150 lokasi.

Atas peningkatan mutu di bidang tersebut, JNE pun berhasil meraih ISO 9001:2008. Pencapaian ini menjadi salah satu hal yang memotivasi JNE untuk terus membuat inovasi.

Salah satu inovasinya, yakni dengan menambah keragaman layanan pengiriman paket. Mulai dari pengiriman Cash on Delivery(COD), Super Speed (SS), sampai PESONA (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara). Selain itu, JNE juga menyediakan layanan YES (Yakin Esok Sampai) untuk memastikan barang tiba dalam satu hari.

Jika ingin paket pengiriman bertarif murah, kamu bisa menggunakan layanan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis). Namun, proses ekspedisinya lebih dari tujuh hari pengiriman. Di samping itu, durasi pengiriman ditentukan oleh jarak zona tujuan dengan daerah asal.

Cara Mengecek Resi JNE

Nomor resi merupakan lembaran kertas yang diberikan oleh pihak ekspedisi sebagai bukti pengiriman barang. Biasanya, nomor resi JNE terdiri dari beberapa huruf dan angka. Nomor tersebut terletak di bawah barcode pada lembar resi untuk pengirim.

Jika ingin tahu perkembangan proses pengiriman paket, kamu bisa mengikuti cara mengecek resi berikut ini.

  1. Langkah pertama, kamu harus login ke salah satu situs pengecekan ekspedisi. Lalu, masukkan nomor resi pada lembar pengirim ke kolom yang disediakan oleh situs tersebut.
  2. Setelah memasukkan nomor, sistem otomatis menampilkan pilihan perusahaan ekspedisi. Kamu harus memilih ikon JNE agar sistem memastikan nomor resi yang dimasukkan sudah benar.
  3. Langkah terakhir, kamu bisa melakukan screenshot data status pengiriman. Umumnya, data tersebut berisi tanggal pengiriman, lokasi real time paket, serta estimasi waktu tiba di tempat tujuan.

Itulah pembahasan singkat tentang cara mengecek no resi JNE secara online. Untuk memudahkan pengecekan, kamu bisa menggunakan situs resi.id. Website ini menyediakan layanan pelacakan paket dari 10 ekspedisi terkemuka di Indonesia. Kamu juga bisa cek resi setiap saat dari berbagai tempat.