POS, TIKI, dan Wahana bisa menjadi alternatif ekspedisi buat kamu yang ingin mengirim barang ke alamat tujuan. Setelah datang ke kantor terdekat, petugas akan menyerahkan rangkaian kode unik yang bisa digunakan untuk melakukan pelacakan posisi barang. Pertanyaan lain pun muncul, lalu bagaimana cara cek resi POS, TIKI, dan Wahana? Untuk informasi lebih jelas, silakan cek panduan berikut ini.

Panduan Tracking Pos

· Buka laman posindonesia.co.id

· Masukkan nomor resi dan pastikan kombinasi angkanya sudah benar, kemudian tekan Tracking.

· Selanjutnya kamu bisa melihat informasi seputar nomor tracking, tanggal pengiriman, kota pengiriman, kota tujuan, serta riwayat perjalanan.

Cara Cek Resi TIKI

· Kunjungi website tiki.id

· Perhatikan sisi kiri untuk menemukan kolom Cek Resi. Masukkan nomor resi ke dalam kolom tersebut, lalu tekan Lacak. Pisahkan dengan koma bila memasukkan nomor resi dalam jumlah banyak.

· Setelah itu kamu bisa mengetahui lokasi barang terkini

Panduan Track Resi Wahana

· Buka akses ke situs wahana.com

· Pada kolom Lacak Kiriman, silakan isi dengan nomor resi. Kamu mengisi kolom tersebut dengan 10 nomor resi sekaligus. Pisahkan masing-masing resi dengan menekan spasi.

· Klik Lacak

· Sistem akan menampilkan riwayat dan status terakhir paket

· Gunakan fitur Download, apabila ingin menyimpan riwayat pengiriman ke dalam format PDF.

Cara Cek Resi Berbagai Ekspedisi

Selain mengecek nomor resi dari satu website ke website lain sesuai ekspedisi, kamu bisa memanfaatkan laman resi.id untuk mengecek kiriman via POS, TIKI, dan Wahana sekaligus. Caranya pun gampang. Berikut panduannya.

· Ketik laman resi.id pada browser milikmu

· Isi kolom Masukkan Nomor Resi

· Klik ekspedisi yang sesuai

· Pada halaman tersebut akan ditampilkan status pengiriman. Misalnya Delivered yang berarti barang sudah dikirim dan diterima. Kalau ingin tahu riwayat pengiriman, silakan tekan tombol Detail.

Itu tadi ulasan singkat mengenai cara cek resi untuk ekspedisi POS, TIKI, dan Wahana. Kalau kamu lebih suka mana, mengirim paket via TIKI, POS, atau Wahana?

Apa pun jenis jasa pengirimannya, satu hal yang harus diperhatikan adalah pengisian alamat. Pastikan bahwa alamat tujuan memuat informasi sejelas-jelasnya, ya, mulai dari nama jalan, gang, RT/RW, nomor rumah, kecamatan, kota, dan kode pos. Tujuannya supaya barangmu tidak hilang dan lebih cepat sampai.

Kalau sampai nomor resi milikmu hilang, bisa-bisa proses tracking barang jadi lebih susah dan butuh waktu lama karena pihak ekspedisi harus mengeceknya secara manual.